Minggu, 22 Maret 2020

Senin 23 Maret 2020

Hari/ Tanggal : Senin, 23  Maret 2020
Tema/Subtema/Pembelajaran: 7 (Kebersamaan)/ 4 (Kebersamaan di Tempat Wisata)/1&2
Alat peraga 

Ringkasan Materi
Bahasa Indonesia
Teks dongeng, kegiatan berwisata.
Fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang.Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.
Ciri-ciri fabel :
1.Tokoh utamanya binatang
2. Pendahuluan sangat singkat 
3. Alur ceritanya sangat sederhana
4. Ceritanya singkat dan bergerak cepat.
Kegiatan berwisata terdiri dari wisata sejarah dan wisata alam. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak peninggalan bersejarah diantaranya candi-candi kuno, seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur. Selain candi, kita dapat mengenal sejarah melalui museum, seperti yang ada di Lampung yaitu Museum Lampung. Selain berwisata ditempat bersejarah kita juga dapat berkunjung ke wisata alam seperti di pantai, air terjun, kebun binatang dan pegunungan. Kegiatan berwisata memiliki tujuan untuk menambah pengetahuan.
Matematika
Pecahan 
• Kura-kura mempunyai satu buah apel, kemudian ia membaginya kepada rusa. Kura-kura mendapat setengah bagian apel dan rusa juga mendapat setengah bagian apel. Setengah di lambangkan ½.
• Ibu mempunyai pizza. Ibu membagi pizza menjadi 3 bagian sama besar. Masing-masing bagian disebut sepertiga, di lambangkan 1/3.
• Danu memiliki satu buah semangka. Ia memotong menjadi 4 bagian sama besar. Setiap bagian bernilai seperempat, ditulis ¼
SBdP
Membuat hiasan karya seni 3 dimensi dapat dibuat dari bahan alam atau dari bahan buatan. Bahan alam contohnya tanah liat. Sedangkan membuat hiasan dari bahan buatan dapat dibuat dengan plastisin. Contoh kerajinan karya 3 dimensi dari bahan alam adalah, guci, asbak, patung dan vas bunga sedangkan contoh kerajinan karya seni 3 dimensi dari plastisin adalah karakter binatang seperti rusa, gajah dan lain sebagainya.
PPKN
Pebedaan Karakteristik Individu
Manusia memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Karena perbedaan juga termasuk rahmat dari Allah SWT. Jadi kita tidak boleh mengejek kesukaan atau kesenangan teman kita saat bermain. Sikap yang baik saat menemukan perbedaan kesukaan saat bermain dengan teman adalah dengan saling menghargai dan menghormati.
Evaluasi, kerjakan di buku tulis tematik!
1. Berwisata ke pantai termasuk kegiatan wisata ......
2. Naya mempunyai baju renang baru. Kata mempunyai memiliki arti yang sama dengan kata ..........
3. 
 
 



                          
Bagilah gambar di atas menjadi 3 bagian sama besar! Jika dinyatakan dalam pecahan, masing-masing bernilai ....
4. Jika ada teman yang takut melihat ular di kebun binatang, kita tidak boleh ..........
5. Agar mengeras dan kering, patung yang terbuat dari tanah liat harus  ................ dibawah sinar matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu 30 September 2020

  Hari/Tanggal                              : Rabu 30 September 2020 Kelas                                       : 3 Tema/Subtema/Pembelajar...