Selasa, 10 Maret 2020

Rabu 11 Maret 2020

Hari/ Tanggal                          : Rabu, 11 Maret 2020
Tema/Subtema/Pembelajaran  : 7 (Kebersamaan)/ (Kebersamaan di Sekolah)/4
Alat peraga                              :  Gambar
                Ringkasan Materi
Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak berbicara (orang kedua) atau menggantikan nama orang ketiga. Berikut adalah beberapa contoh kata yang dapat digunakan sebagai kata sapaan. (1) Nama diri, seperti Toto, Nur,  (2) Kata yang tergolong istilah kekerabatan, seperti bapak, ibu, paman, bibi, adik, kakak, mas, atau abang, (3) Gelar kepangkatan, profesi atau jabatan, seperti kapten, profesor, dokter, soper, ketua, lurah, atau camat. (4) Kata nama, seperti tuan, nyonya, nona, Tuhan, atau sayang. (5) Kata nama pelaku, seperti penonton, peserta, pendengar, atau hadirin. (6) Kata ganti persona kedua Anda.
Hal yang perlu diingat dalam hal ini adalah cara penulisan kata kekerabatan yang digunakan sebagai kata sapaan, yakni ditulis dengan huruf awal huruf kapital. Contoh:
(1) Adik sudah kelas berapa?
(2) Selamat pagi Profesor?
(3) Hari ini Kapten bertugas di mana?
Latihan soal  halaman: 69 - 70

Gambar: Perbedaan Suku Bangsa
Suku bangsa merupakan golongan sosial yang ada di masyarakat yang digunakan sebagai pembeda suatu golongan satu dengan golongan yang lainnya. Golongan ini umumnya mempunyai ciri khasnya tersendiri yang dapat digunakan untuk membedakan golongannya diantara golongan lainnya yang berdasarkan kepada tempat dan asal usulnya serta kebudayaannya.
Latihan soal halaman 71

Latihan soal halaman72-73

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu 30 September 2020

  Hari/Tanggal                              : Rabu 30 September 2020 Kelas                                       : 3 Tema/Subtema/Pembelajar...