Hari/Tanggal
: Senin, 23 September 2019
Kelas : 2B
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (tugasku sehari-hari)/ 2 (tugasku sehari-hari di sekolah)/ 3&4
Alat Peraga : Gambar, Mata Uang
Kelas : 2B
Tema/Subtema/Pembelajaran : 3 (tugasku sehari-hari)/ 2 (tugasku sehari-hari di sekolah)/ 3&4
Alat Peraga : Gambar, Mata Uang
MATERI
AJAR
Bahasa
Indonesia
1. Membaca cerita berjudul “Koperasi
Sekolah”
2. Menceritakan tentang kegiatan
koperasi yang ada di sekolah siswa
3. Memahami pemenggalan kata yang
dibaca
4. Mendengarkan penjelasan permainan
pesan berantai
5. Memainkan permainan pesan berantai
6. Menulis kalimat dengan bantuan
kata-kata tertentu
Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah menjual kebutuhan siswa, seperti alat tulis, seragam sekolah, kue dan minuman. Koperasi berguna untuk membantu siswa agar siswa tidak perlu pergi jauh untuk membeli barang kebutuhan saat di sekolah. Koperasi juga merupakan tempat untuk bertransaksi antara siswa dengan penjaga koperasi. Bertransaksi adalah kegiatan berjual beli barang kebutuhan. Dengan bertransaksi di koperasi siswa dapat belajar mengenal nilai uang yang di belanjakannya.
Pemenggalan Kata
Pemenggalan kata merupakan pemisahan huruf/kelompok huruf dari kata.
Sebelum melakukan pemenggalan kata, yang harus dipahami terlebih dahulu adalah membedakan huruf vokal dengan huruf konsonan. Huruf vokal terdiri dari a, i, u, e, o. Sedangkan huruf konsonan adalah huruf selain vokal contoh k, j, l, m, n, j dan lain - lain. Setelah memahami huruf vokal dan huruf konsonan, selanjutnya adalah memahami suku kata. Suku kata merupakan bagian kata, cara mudah menentukan suku kata yaitu dengan memperhatikan pengucapan. Pemenggalan kata dasar baik kata Indonesia maupun kata serapan, dilakukan dengan prinsip otografis.
Contoh:
Sekolah > Se – ko – lah
Seragam > Se – ra – gam
Koperasi > Ko – pe – ra - si
Belanja > Be – lan – ja
Transaksi > Trans – ak - si
Ideal > I – de - al
Seragam > Se – ra – gam
Koperasi > Ko – pe – ra - si
Belanja > Be – lan – ja
Transaksi > Trans – ak - si
Ideal > I – de - al
Latihan
soal di Buku Siswa Tema3 halaman 58 dan buku 2C halaman 60.
Membuat
kalimat dari kata dibawah:
Daerah asal = Romi merupakan siswa pindahan dari
daerah asal Bali.
Berbeda = Meskipun berbeda suku Romi tidak memilih teman
Kerja sama = Dengan kerja sama , pekerjaan akan terasa ringan
Membantu = Ayah membantu Beni menghitung uang dari pemberian tante Rina.
Bermain = Beni dan Tiur asik belajar sambil bermain kartu uang
Kartu uang = Ibu guru memberi tugas siswa membuat kartu uang
Berbeda = Meskipun berbeda suku Romi tidak memilih teman
Kerja sama = Dengan kerja sama , pekerjaan akan terasa ringan
Membantu = Ayah membantu Beni menghitung uang dari pemberian tante Rina.
Bermain = Beni dan Tiur asik belajar sambil bermain kartu uang
Kartu uang = Ibu guru memberi tugas siswa membuat kartu uang
Matematika
1. Menuliskan
harga barang dan mata uang yang sesuai
2. Menuliskan
nilai mata uang yang setara atau sama
3. Memahami
nilai uang rupiah sesuai gambar
4. Menuliskan
jumlah uang sesuai gambar mata uang
5. Memasangkan
kelompok uang yang bernilai sama
Pecahan
Mata Uang
Nama mata uang Indonesia adalah rupiah. Rupiah disingkat Rp. Jenis mata uang ada uang kertas dan uang logam.
Nama mata uang Indonesia adalah rupiah. Rupiah disingkat Rp. Jenis mata uang ada uang kertas dan uang logam.
·
Cara menulis mata uang contohnya:
1.
seribu rupiah ditulis Rp 1.000,00
2.
lima ribu rupiah ditulis Rp 5.000,00
3.
sepuluh ribu rupiah Rp 10.000,00
·
Cara membaca nilai mata uang, contohnya:
1.
Rp 20.000,00 dibaca dua puluh ribu
rupiah
2.
Rp 10.000,00 dibaca sepuluh ribu
rupiah.
·
Satu nilai mata uang mempunyai nilai kesetaraan dengan mata uang yang
lain.
Contoh:
Contoh:
1.
1 lembar lima ribu rupiah senilai
dengan 2 lembar dua ribu rupiah dan 1 lembar seribu rupiah
2.
2 lembar uang seribu rupiah senilai
dengan 1 lembar uang dua ribu rupiah
3.
Selembar uang seribu rupiah senilai
dengan 2 keping uang lima ratus rupiah.
4.
2 keping uang logam lima ratus
senilai dengan 1 lembar uang seribu rupiah
Latihan
Soal: Kerjakan latihan di buku cetak 2C halaman 55 dan 61.
PPKn
1. Menuliskan
pendapat tentang adanya perbedaan dalam kesukaan warna pada masing-masing anak
2. Menuliskan
warna kesukaan dari 10 orang teman di sekolah
3. Menuliskan
kesimpulan tentang warna apa yang paling banyak disuka anak laki-laki dan anak
perempuan
4. Mencari
tahu asal daerah teman
5. Menentukan
sikap yang terbaik saat bermain dengan teman yang berbeda daerah asal
Keberagaman
karakteristik individu
Jika teman memiliki warna kesukaan yang berbeda dengan mu, sikap yang baik adalah tetap menghormati pilihan teman, karena setiap orang memiliki perbedaan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu bersinggungan dengan perbedaan. Kita berbeda dan memiliki perbedaan karena perbedaan adalah harmoni yang membuat hidup kita lebih berarti. Di dalam perbedaan, tersimpan arti yang pantas untuk dimengerti. Dengan perbedaan, kita mampu merasakan makna kebersamaan, sehingga kita bisa memahami bahwa perbedaan adalah alasan untuk sebuah pengertian. Perbedaan seringkali menjadi pemicu masalah yang berlanjut menjadi konflik bila kita memahami, mengatasi dan menyikapinya dengan cara yang tidak tepat. Untuk itu kita harus lebih bijak ketika sedang mengalami perbedaan pilihan dengan orang lain, dengan menghargai/menghormati pilihan orang tersebut yang berbeda dengan pilihan kita dan tidak boleh marah jika pilihan kita berbeda dengan pilihan orang lain.
Jika teman memiliki warna kesukaan yang berbeda dengan mu, sikap yang baik adalah tetap menghormati pilihan teman, karena setiap orang memiliki perbedaan. Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu bersinggungan dengan perbedaan. Kita berbeda dan memiliki perbedaan karena perbedaan adalah harmoni yang membuat hidup kita lebih berarti. Di dalam perbedaan, tersimpan arti yang pantas untuk dimengerti. Dengan perbedaan, kita mampu merasakan makna kebersamaan, sehingga kita bisa memahami bahwa perbedaan adalah alasan untuk sebuah pengertian. Perbedaan seringkali menjadi pemicu masalah yang berlanjut menjadi konflik bila kita memahami, mengatasi dan menyikapinya dengan cara yang tidak tepat. Untuk itu kita harus lebih bijak ketika sedang mengalami perbedaan pilihan dengan orang lain, dengan menghargai/menghormati pilihan orang tersebut yang berbeda dengan pilihan kita dan tidak boleh marah jika pilihan kita berbeda dengan pilihan orang lain.
Contoh
menuliskan warna kesukaan teman:
Warna
|
Nama Murid
yang Suka
|
Jumlah
|
Biru
|
Cayo,
Dafina
|
2
|
Hijau
|
Dinda
|
1
|
Orange
|
Qela,
Azra, Reja, Kafi
|
4
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar