Selasa, 01 September 2020

Rabu 2 September 2020

 

Hari/Tanggal                           : Rabu, 2 September 2020
Kelas                                        : 3C
Tema/Subtema/Pembelajaran : 2 (Menyayangi Tumbuhan dan Hewan)/ 3 (Perkembangan Tumbuhan)/ 1
Alat peraga                               : Video , Gambar



RINGKASAN MATERI
Pembelajaran 1

Kita harus saling menyayangi sesama manusia. Selain itu, kita juga harus menyayangi tumbuhan. Tumbuhan telah memberikan banyak manfaat kepada manusia. Perbuatan menyayangi tumbuhan, merupakan salah satu bentuk syukur kita kepada Tuhan. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup tumbuhan?
 
Bahasa Indonesia
Siti sangat senang dengan bunga melati. Siti membeli bibit bunga melati. Dia ingin menanamnya di dalam pot. Siti belum tahu cara menanam bunga melati. Siti pergi ke perpustakaan sekolah. Di sana, dia menemukan buku yang dibutuhkan. Buku tentang cara menanam melati di dalam pot. Dapat dilihat pada halaman 108-109.
 
Matematika
 
Di sekolah Siti ditanam pohon sirih. Sirih adalah tanaman yang tumbuh merambat. Daunnya berbentuk jantung dengan ujung daun runcing. Panjang daun sirih sekitar 5-8 cm dan lebar 2-5 cm. Jika daunnya diremas akan mengeluarkan bau khas. Siti dan teman-temannya akan mengukur panjang pohon sirih. Sebelum mengukur pohon sirih, Siti dan teman- temannya belajar tentang garis bilangan.

Contoh:
Pohon sirih yang baru ditanam berada di posisi A (pada angka 0).
Setelah beberapa waktu panjang pohon sirih ada di posisi B (pada angka 2).
 
Dari posisi A menjadi posisi B berpindah 2 satuan.
Kita dapat menuliskan bentuk penjumlahannya 0 + 2 = 2
Contoh lainnya:
Panjang pohon sirih ada di posisi angka 3. Setelah beberapa waktu, pohon sirih bertambah 2 satuan.
 

3 + 2 = 5

SBdP
Siti sedang membantu ibu merapikan lemari baju. Di lemari ada beberapa kain batik milik ibu. Siti memperhatikan motif yang ada pada kain batik. Ada bermacam-macam motif daun dan bunga. Siti sangat tertarik dengan motif daun dan bunga. Setelah membantu ibu, Siti menggambar hiasan dengan motif tumbuhan.

Untuk lebih jelasnya, saksikan video pembelajaran di bawah ini ya nak:
   


LATIHAN :
Tulislah dan kerjakanlah latihan di bawah ini di buku latihan tematik kalian, jangan lupa tulis hari, tanggal, bismillah dan menggunakan tulisan tegak bersambung serta menggunakan pena.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu 30 September 2020

  Hari/Tanggal                              : Rabu 30 September 2020 Kelas                                       : 3 Tema/Subtema/Pembelajar...