Minggu, 12 Januari 2020

Senin 13 Januari 2020


Hari/ Tanggal                          : Senin, 13 Januari 2020
Tema/Subtema/Pembelajaran  : 5 (Pengalamanku)/ 2 (Pengalamanku di Sekolah)/1&2
Alat peraga                              :  Penggaris , Origami
MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
Permintaan Tolong
Sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, ada kalanya kita untuk meminta sesuatu kepada orang lain, baik berupa meminta tolong atau meminta bantuan. Meminta tolong bukan hanya ditujukan untuk orang-orang yang kita kenal saja seperti teman, sahabat, keluarga, orangtua, saudara, pacar, dan pasangan, melainkan bisa kepada siapapun. Terkadang kita hanya bersikap baik kepada orang-orang yang kita rasa suatu saat akan membutuhkan bantuannya kemudian mengabaikan orang-orang yang sama sekali tidak kita butuhkan.
Berikut beberapa cara menyampaikan pesan permintaan tolong dengan santun:
  1. Kenali dulu lawan bicara kita, kenali sifat dan karakter dari orang yang akan kita mintai tolong. Apakah penurut, susah atau sedang-sedang saja.
  2. Dahului dengan kata "Minta Tolong"
  3. Minta tolong dengan kata-kata yang halus dan sopan. Karena kita tidak tahu suasana hati seseorang saat itu. 
  4. Tahu kondisi. Maksudnya kita harus tahu kondisi seseorang, apakah dia sedang tidak ada kerjaan atau sedang sangat sibuk. Bukan pertolongan yang kita dapat malah umpatan yang kita terima.
  5. Gunakan senyum terindah agar rekan, teman merasa senang dan ikhlas membantu kita.
  6. Jangan lupa ucapkan terimakasih. Agar tidak kapok membantu kita.
Latihan : buatlah 2 contoh kalimat permintaan tolong yang sopan!

SBdP
Membuat karya dari bahan alam dan buatan (membuat bunga dari bahan alam dan buatan dan cara membuat kupu-kupu dari bahan alam dan buatan (origami)).

Matematika
Mengukur panjang benda dengan satuan sentimeter
Sentimeter adalah sebuah satuan metrik dalam pengukuran. Sebagian besar penggaris bisa digunakan untuk mengukur sentimeter. Namun, Anda perlu memperhatikan satuan ukuran dengan teliti karena banyak penggaris yang juga menggunakan inci. Jika Anda tidak memiliki penggaris, gunakan benda yang biasa ada di meja untuk memperkirakan ukuran dalam sentimeter. Anda juga bisa mengonversi ukuran dalam satuan lain ke sentimeter.
Banyak penggaris yang menggunakan dua ukuran. Yang dibutuhkan adalah ukuran metrik. Sisi penggaris ini biasanya ditandai dengan cm{\displaystyle cm}cm, singkatan dari sentimeter. Bisa juga penggaris ditandai dengan mm{\displaystyle mm}mm, singkatan dari milimeter.
  • Milimeter adalah satuan metrik lebih kecil pada penggaris yang ditunjukkan dengan garis yang lebih pendek di antara garis sentimeter.
  • Sisi lain penggaris menggunakan ukuran lain. Ukuran yang dipakai adalah inci, yaitu satuan standar yang dipakai di Amerika.
Jika memperhatikan penggaris dari dekat, terlihat bahwa tiap sentimeter dibagi menjadi 10 bagian dengan garis lebih pendek. Satu milimeter adalah sepersepuluh sentimeter
  • Ingat bahwa 1 mm = 0,1 cm.

Mengubah satuan sentimeter menjadi meter
Awalan centi- (senti) memiliki arti “satu per seratus”. Dengan demikian, terdapat 100 sentimeter dalam setiap meter. Anda bisa menggunakan pengetahuan dasar ini untuk mengubah sentimeter ke meter (dan sebaliknya) dengan mudah.
Pastikan soal memiliki unit ukuran panjang dalam sentimeter (cm). Soal juga harus meminta mengubah nilainya ke meter (m).
  • Contoh: panjang bidang tertentu adalah 872,5 sentimeter. Carilah panjang bidang tersebut dalam meter.
Terdapat 100 sentimeter dalam 1 meter. Oleh karenanya, bisa mencari nilai meter per sentimeter dengan membagi nilai sentimeter dengan 100.
  • ”Sentimeter" adalah unit yang lebih kecil dari "meter". Setiap kali mengubah nilai suatu unit metrik ke unit yang lebih besar, harus membagi nilainya.
  • Contoh: 872,5 cm / 100 = 8,725 m
    • Panjang bidang tersebut dalam meter adalah 8,725 meter.
Latihan :
500cm = ..... m
250cm = ..... m
780cm = ..... m

PPKn
Hubungan simbol sila pertama pancasila
Bintang merupakan lambang dari sila pertama. Bintang emas dengan perisai hitam ini melambangkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.
Simbol pancasila sila pertama ini digambarkan sebagai Bintang yang memiliki lima sudut.
Gambar bintang pada simbol Pancasila sila pertama memiliki arti sebagai sebuah cahaya, yaitu cahaya rohani yang dipancarkan oleh Tuhan kepada umat manusia. Lambang Pancasila berbentuk Bintang ini juga diartikan sebagai suatu cahaya yang menerangi Dasar Negara yang lima (Pembukaan UUD tahun 1945 alinea 4), Sifat Negara yang lima (Pembukaan UUD tahun 1945 alinea 2), dan tujuan Negara yang lima (Pembukaan UUD tahun 1945 alinea 4).
Warna hitam pada latar belakang Bintang tersebut melambangkan warna alam. Warna latar belakang tersebut juga dapat dimaknai bahwa berkat rahmat Allah merupakan sumber segala yang ada di dunia ini.
Selain berdoa, sila pertama juga mengajarkan untuk menghormati pemeluk agama yang berbeda..
Latihan : sebutkan 2 contoh sikap yang mencerminkan sila pertama pancasila!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu 30 September 2020

  Hari/Tanggal                              : Rabu 30 September 2020 Kelas                                       : 3 Tema/Subtema/Pembelajar...