Hari/
tanggal
: Senin/ 2 September 2019
Kelas
: 2B
Tema/ Subtema/Pembelajaran
:
2 (bermain di lingkungan ku)/ 3 (bermain di lingkungan sekolah)/ 4&5
Alat peraga
: Gambar, kertas, karet, batu, dsb.
MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
1.
Mengamati gambar
permainan tradisional dan menjelaskannya, membaca teks tentang macam-macam bola
2.
Membaca teks
berjudul Permainan Tradisional
3.
Menjawab
pertanyaan sesuai teks permainan tradisional
4.
Menjelaskan
wujud benda-benda yang di pakai bermain
5.
Memahami
keragaman benda dengan menjelaskan ciri-ciri dan bahan pembuat benda (bola)
6.
Memilih dan
menulis sikap yang sesuai aturan di sekolah
7.
Melakukan
pengamatan benda pada bola kertas dan keragaman benda
Permainan tradisional
Bangsa Indonesia memiliki beragam permainan tradisional. Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkansesuai dengan tradisi budaya setempat. Contoh permainan tradisional adalah petak umpet, egrang, layang-layang, engklek, kelereng dan lain-lain. Permainan tradisional tidak membutuhkan banyak biaya dan sangat mudah melakukannya.
Ciri-ciri benda
Terdapat banyak benda disekitar kita. Benda memiliki wujud sifat dan cici cirri yang berbeda-beda. Misal meja memiliki cirri berbentuk persegi panjang, terbuat dari bahan kayu, dan biasa dipakai untuk menulis, meletakkan susuatu diatasnya dan lain lain.
Bola memiliki cirri berbentuk bulat, bagian luarnya terbuat dari kulit, karet atau plastic. Dibagian dalam berisi udara. Dan biasa digunakan untuk olahraga.
Pengamatan benda pada bola kertas
Alat dan bahan: karet gelang, kertas, batu
Contoh hasil pengamatan:
Nama benda: karet gelang
Ciri-ciri benda: Elastis dapat mengikat benda benda menjadi satu
Bentuk: berbentuk lingkaran kecil yang lentur
Pengamatan keragaman benda
Alat dan bahan: bola, pensil, buku.
Contoh hasil pengamatan:
Nama benda: bola
Ciri-ciri benda: bagian dalam bola berisi udara, terbuat dri kulit atau plastik
Bentuk: berbentuk lingkaran
Latihan soal:
Latihan soal di buku 2b halaman 98.
Sebutkan ciri-ciri bola, buku, pensil
Latihan soal di buku 2b halaman 98.
Sebutkan ciri-ciri bola, buku, pensil
Matematika
1.
Memahami
hubungan kebalikan operasi pembagian bilangan
2.
Mengerjakan
soal-soal pembagian
Pembagian dapat diubah
menjadi bentuk perkalian.
Contoh
Andi memasukkan 6 bola kertas ke dalam 3 kantong plastik, maka, 6 : 3 = 2, terdapat 2 pada setiap kantong plastik. Jika dibalik, sebanyak 3 kantong plastik mendapatkan 2 bola kertas setiap kantong.
Kalimat matematikanya menjadi: 2 × 3 = 6.
Jadi, 6 : 3 = 2 karena 2 × 3 = 6.
Contoh
Andi memasukkan 6 bola kertas ke dalam 3 kantong plastik, maka, 6 : 3 = 2, terdapat 2 pada setiap kantong plastik. Jika dibalik, sebanyak 3 kantong plastik mendapatkan 2 bola kertas setiap kantong.
Kalimat matematikanya menjadi: 2 × 3 = 6.
Jadi, 6 : 3 = 2 karena 2 × 3 = 6.
Latihan soal:
1. 8 : 2 = .... karena .... × .... = ....
2. 10 : 2 = .... karena .... × .... = ....
3. 12 : 3 = .... karena .... × .... = ....
4. 14 : 7 = .... karena .... × .... = ....
5. 15 : 5 = .... karena .... × .... = ....
1. 8 : 2 = .... karena .... × .... = ....
2. 10 : 2 = .... karena .... × .... = ....
3. 12 : 3 = .... karena .... × .... = ....
4. 14 : 7 = .... karena .... × .... = ....
5. 15 : 5 = .... karena .... × .... = ....
SBdP
1.
Memahami
pengertian karya imajinatif
2.
Membuat atau
melukis gambar bebas dengan teknik yang di tentukan siswa sendiri, yaitu teknik
sablon atau teknik tiupan
Karya imajinatif
Karya imajinasi dibuat berdasarkan imajinasi. Seni rupa dua dimensi adalah suatu karya seni rupa yang memiliki dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan.
PKn
1.
Mengamati gambar
dan menceritakannya
2.
Membaca teks
tentang aturan bermain di sekolah
3.
Menentukan
gambar yang sesuai atau tidak sesuai aturan sekolah
Aturan dan tata tertib di sekolah
Setiap aturan dibuat untuk dipatuhi. Jika ada yang melanggar auran maka akan dikenakan hukuman yang sesuai.
Dalam tata tertib upacara bendera, semua murid wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin. Setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik.
Sementara itu, dalam tata tertib di kelas, kita harus datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai. Sebelum masuk ke kelas, kita harus berbaris dengan rapi di depan kelas. Setelah tanda bel masuk dibunyikan, semua siswa harus sudah berada di kelas. Kita diharuskan berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas. Kebersihan, kerapian, dan keindahan kelas menjadi tanggung jawab ketua kelas dan seluruh siswa. Siswa yang bertugas piket pada hari itu wajib menyirami tanaman yang berada di depan kelasnya. Setiap siswa harus berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.
Berikut contoh aturan yang harus di patuhi saat berada di lingkungan sekolah:
Tidak datang terlambat
·
Memakai seragam
sekolah
·
Tidak merusak
gedug dan alat-alat sekolah
·
Bermain hanya
saat istirahat
·
Tidak bermaindi
dalam kelas
· Tidak bermain
sesuatu yang berbahaya
·
Tidamerusak
tanaman sekolah
·
Tidak bertengkar
Latihan soal di buku 2b halaman 104
Tidak ada komentar:
Posting Komentar