SD Al-Azhar 3 Bandar Lampung
Hari/ Tanggal : Senin-Jum'at, 22-26 Juli 2019
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1(hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 1-6
Alat Peraga : video lagu, kartu bilangan, Gambar
Pengantar Subtema
Hidup Rukun dengan Teman Bermain
Udin mempunyai banyak
teman.
Ada Edo, Lani, Made, dan banyak lagi.
Udin sering bermain bersama teman-temannya.
Mereka bermain setelah pulang sekolahatau pada hari libur.
Udin dan teman-teman bermain dengan rukun
Ada Edo, Lani, Made, dan banyak lagi.
Udin sering bermain bersama teman-temannya.
Mereka bermain setelah pulang sekolahatau pada hari libur.
Udin dan teman-teman bermain dengan rukun
Apakah teman teman
udin bermain dengan rukun?
Beri tanda conteng untuk gambar yang menunjukkan sikap rukun!
Beri tanda conteng untuk gambar yang menunjukkan sikap rukun!
Apakah teman-teman Udin bermain dengan rukun?
Apakah kamu sering bermain bersama temanmu?
Bagaimana sikapmu ketika bermain dengan temanmu?
Apakah kamu dapat bermain dengan temanmu jika tidak rukun?
RINGKASAN MATERI
Hari/ Tanggal : Senin, 22 Juli 2019
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 1
Alat Peraga : Gambar, lagu video
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 1
Alat Peraga : Gambar, lagu video
1. Teks menentukan kalimat ajakan
Kalimat ajakan adalah kalimat yang digunakan untuk meminta
orang lain melakukan sesuatu.
contohnya : mengajak bermain, mengajak belajar, mengajak shalat bersama dan masih banyak lagi. Untuk membuat kalimat ajakan kita dapat menggunakan kata-kata seperti: Ayo, mari, yuk
Udin : Do, ayo kita bermain kelereng dilapangan.
Kalimat ajakan adalah kalimat yang digunakan untuk meminta
orang lain melakukan sesuatu.
contohnya : mengajak bermain, mengajak belajar, mengajak shalat bersama dan masih banyak lagi. Untuk membuat kalimat ajakan kita dapat menggunakan kata-kata seperti: Ayo, mari, yuk
Udin : Do, ayo kita bermain kelereng dilapangan.
Edo : Ayo din, kita ajak
teman yang lain.
Udin : boleh saja do,
semakin banyak teman, akan lebih menyenangkan.
Edo : tapi din, aku
tidak bisa membawa sepedaku kelapangan, ban sepedaku bocor.
Udin : tidak apa-apa do.
Ayo aku bonceng naik sepedaku.
Udin dan edo mengajak
semua teman bermain.
Mereka tidak
memilih-milih teman.
Udin dan edo selalu
menjaga kerukunan
2. Pola irama melalui lagu anak
Dalam lagu :gembira berkumpul” terdapat pola irama. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan ditentukan oleh birama. Birama digunakan untuk menentukan ketukan per satu ruas birama. Menyanyikan lagu gembira berkumpul dengan pola irama dan memeragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala meniru gerakan keseharian saat bergembira dan bertepuk tangan.
3. Menentukan Nilai Tempat Bilangan Ratusan, Puluhan, Satuan
Dalam lagu :gembira berkumpul” terdapat pola irama. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan ditentukan oleh birama. Birama digunakan untuk menentukan ketukan per satu ruas birama. Menyanyikan lagu gembira berkumpul dengan pola irama dan memeragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala meniru gerakan keseharian saat bergembira dan bertepuk tangan.
3. Menentukan Nilai Tempat Bilangan Ratusan, Puluhan, Satuan
Udin dan Edo membawa
kelereng.
Kelereng Udin ada 115.
Kelereng Edo ada 124.
Kelereng Udin ada 115.
Kelereng Edo ada 124.
Perhatikan banyak kelereng itu bila digambarkan dengan kubus satuan.
Membandingkan dua bilangan cacah dengan lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari melalui perbandingan banyaknya kubus. Cara untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan membandingkan nilai angka pada tempat ratusan, puluhan, dan satuannya.
Hari/ Tanggal : Selasa, 23 Juli 2019
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 2
Alat Peraga : Gambar Burung Garuda dan Lambang Pancasila
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 2
Alat Peraga : Gambar Burung Garuda dan Lambang Pancasila
1. Membaca teks percakapan yang didalamnya terdapat kalimat ajakan dan menentukan kalimat ajakan tersebut
2. Sikap yang sesuai dengan sila pertama dan kedua saat bermain.
Menuliskan sila - sila yang sesuai dengan gambar yang terdapat pada buku siswa.
Memasangkan bunyi sila yang sesuai dengan gambar
Sila pertama
pancasila berbunyi Ketuhanan yang maha esa
Lambang sila
pertama adalah bintang
Sila pertama
diamalkan dengan melaksanakan perintah agama.
Contoh pengamalan
dari sila pertama saat bermain adalah pulang untuk beribadah dan meminta izin
untuk beribadah ketika kita bermain dengan teman yang berbeda agama.
Sila kedua
pancasila berbunyi Kemanusiaan yang adil beradab
Lambang sila kedua
adalah rantai
Sila ini
mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik
Contoh pengamalan
dari sila kedua saat bermain adalah menolong teman yang terjatuh dan mengajak
teman bermain bersama
Hari/ Tanggal : Rabu, 24 Juli 2019
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 3
Alat Peraga : Kartu Bilangan
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 3
Alat Peraga : Kartu Bilangan
Hidup rukun adalah sikap
menjaga hubungan baik dengan sesama, tidak bertengkar dengan orang lain
dan saling tolong menolong. Ketika kita melakukan kesalahan kita harus segera
meminta maaf dengan menggunakan ungkapan permintaan maaf yang santun.
Contoh kalimat permintaan maaf ketika bermain,
“Maaf ya, teman-teman. Hari ini aku tidak bisa ikut bermain.”
Begitu pula ketika kita ingin meminta tolong.
Tolong menolong adalah saling membantu tanpa pamrih antarsesama
manusia. Membantu tanpa pamrih adalah membantu tanpa mengharapkan imbalan.
Cara untuk membandingkan bilangan tiga angka
adalah sebagai berikut:
a)
Bandingkan mulai angka yang paling kiri (angka
ratusan)
b)
Jika angka ratusan sama, maka bandingkan angka puluhan
c)
Jika angka puluhan juga sama, bandingkan
sangka satuan
Ada 225 makanan kotak dan 252 minuman botol.
Manakah yang lebih banyak?
Manakah yang lebih banyak?
Menirukan gerakan alam yaitu gerakan dahan
pohon bergoyang, gerakan bunga mekar, dan gerakan angin ribut.
Gerakan dahan
pohon bergoyang tertiup angin dengan cara tangan diayun ke depan naik
turun dan tangan direntangkan naik turun.
Gerakan bunga mekar dengan cara berdiri dengan
satu lutu, kedua tangan di atas, bangkit berdiri perlahan-lahan.
Gerakan angin ribut dengan cara kedua tangan
diayun berputar ke bawah dan ke atassecara cepat, badan mengikuti gerakan tangan.
Hari/ Tanggal : Kamis, 25 Juli 2019
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 4
Alat Peraga : Kartu Bilangan , video lagu
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 4
Alat Peraga : Kartu Bilangan , video lagu
1. menuliskan kalimat ajakan yang terdapat pada syair lagu "gembira berkumpul"
2. Mengurutkan bilangan cacah
Cara untuk mengurutkan
beberapa bilangan dengan membandingkan nilai ratusan, puluhan, dan satuannya.
Ada
362 kotak makanan.
Ada 356 kotak minuman.
Ada 348 botol air mineral.
Ada 356 kotak minuman.
Ada 348 botol air mineral.
Hari/ Tanggal : Jum'at, 26 Juli 2019
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1(hidup rukun)/2(hidup rukun di tempat bermain)/ 5
Alat Peraga : Gambar
Kelas : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1(hidup rukun)/2(hidup rukun di tempat bermain)/ 5
Alat Peraga : Gambar
1. Sikap yang sesuai dengan sila ketiga, keempat dan kelima saat bermain
Sila ketiga
pancasila berbunyi Persatuan Indonesia
Lambang sila ketiga
adalah pohon beringin
Sila ini
mengajarkan kita untuk menjaga persatuan
Contoh pengamalan
dari sila ketiga saat bermain adalah kompak saat bermain sepakbola
Sila keempat
pancasila berbunyi Kerakyatan yang
Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan
Perwakilan
Lambang sila
keempat adalah kepala banteng
Sila ini diamalkan
dengan melaksanakan musyawarah
Misalnya musyawarah
untuk membagi tugas
Sila kelima pancasila berbunyi keadilan sosial
bagi seluruh rakyat Indonesia
Lambang sila kelima adalah padi dan kapas
Sila kelima diamalkan dengan menegakkan
keadilan dan gotong royong
Misalnya gotong royong merapikan mainan
setelah selesai bermain
2. Kalimat Tanya
Kalimat tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada orang lain untuk memperoleh jawaban dari orang yang ditanya. Setiap kalimat tanya dilengkapi oleh kata tanya. Terdapat beberapa kata tanya yang dapat digunakan, yaitu:
Kalimat tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada orang lain untuk memperoleh jawaban dari orang yang ditanya. Setiap kalimat tanya dilengkapi oleh kata tanya. Terdapat beberapa kata tanya yang dapat digunakan, yaitu:
a) siapa, digunakan untuk
menanyakan nama
b) kapan, digunakan untuk menanyakan waktu
c) dimana, digunakan untuk menanyakan tempat
d) berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah
e) apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
b) kapan, digunakan untuk menanyakan waktu
c) dimana, digunakan untuk menanyakan tempat
d) berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah
e) apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar