Minggu, 21 Juli 2019

Materi Ajar Senin-Jum'at 22-26 Juli 2019



SD Al-Azhar 3 Bandar Lampung

Hari/ Tanggal                            : Senin-Jum'at, 22-26 Juli 2019
Kelas                                         : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1(hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 1-6
Alat Peraga                               : video lagu, kartu bilangan, Gambar


Pengantar Subtema
Hidup Rukun dengan Teman Bermain

Udin mempunyai banyak teman.
Ada Edo, Lani, Made, dan banyak lagi.
Udin sering bermain bersama teman-temannya.
Mereka bermain setelah pulang sekolahatau pada hari libur.
Udin dan teman-teman bermain dengan rukun

Apakah teman teman udin bermain dengan rukun?
Beri tanda conteng untuk gambar yang menunjukkan sikap rukun!


Apakah teman-teman Udin bermain dengan rukun?
Apakah kamu sering bermain bersama temanmu?
Bagaimana sikapmu ketika bermain dengan temanmu?
Apakah kamu dapat bermain dengan temanmu jika tidak rukun?



RINGKASAN MATERI

Hari/ Tanggal                            : Senin, 22 Juli 2019
Kelas                                         : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 1
Alat Peraga                               : Gambar, lagu video

1. Teks menentukan kalimat ajakan
     Kalimat ajakan adalah kalimat yang digunakan untuk meminta
     orang lain melakukan sesuatu.
 
contohnya : mengajak bermain, mengajak belajar, mengajak shalat bersama dan masih banyak lagi. Untuk membuat kalimat ajakan kita dapat menggunakan kata-kata seperti: Ayo, mari, yuk
 
Udin  : Do, ayo kita bermain kelereng dilapangan.
Edo    : Ayo din, kita ajak teman yang lain.
Udin  : boleh saja do, semakin banyak teman, akan lebih menyenangkan.
Edo   : tapi din, aku tidak bisa membawa sepedaku kelapangan, ban sepedaku bocor.
Udin : tidak apa-apa do. Ayo aku bonceng naik sepedaku.

Udin dan edo mengajak semua teman bermain.
Mereka tidak memilih-milih teman.
Udin dan edo selalu menjaga kerukunan
 

2. Pola irama melalui lagu anak
Dalam lagu :gembira berkumpul” terdapat pola irama. Pola irama adalah panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan ditentukan oleh birama. Birama digunakan untuk menentukan ketukan per satu ruas birama. Menyanyikan lagu gembira berkumpul dengan pola irama dan memeragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala meniru gerakan keseharian saat bergembira dan bertepuk tangan.


3.  Menentukan Nilai Tempat Bilangan Ratusan, Puluhan, Satuan
Udin dan Edo membawa kelereng.
Kelereng Udin ada 115.
Kelereng Edo ada 124.

Perhatikan banyak kelereng itu bila digambarkan dengan kubus satuan.

Membandingkan dua bilangan cacah dengan lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari melalui perbandingan banyaknya kubus. Cara untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan membandingkan nilai angka pada tempat ratusan, puluhan, dan satuannya.





Hari/ Tanggal                            : Selasa, 23 Juli 2019
Kelas                                         : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 2
Alat Peraga                                : Gambar Burung Garuda dan Lambang Pancasila

1. Membaca teks percakapan yang didalamnya terdapat kalimat ajakan dan menentukan kalimat ajakan tersebut


2. Sikap yang sesuai dengan sila pertama dan kedua saat bermain. 
   Menuliskan sila - sila yang sesuai dengan gambar yang terdapat pada buku siswa.
   Memasangkan bunyi sila yang sesuai dengan gambar


Sila pertama pancasila berbunyi Ketuhanan yang maha esa
Lambang sila pertama adalah bintang
Sila pertama diamalkan dengan melaksanakan perintah agama.
Contoh pengamalan dari sila pertama saat bermain adalah pulang untuk beribadah dan meminta izin untuk beribadah ketika kita bermain dengan teman yang berbeda agama.


Sila kedua pancasila berbunyi Kemanusiaan yang adil beradab
Lambang sila kedua adalah rantai
Sila ini mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik
Contoh pengamalan dari sila kedua saat bermain adalah menolong teman yang terjatuh dan mengajak teman bermain bersama







Hari/ Tanggal                            : Rabu, 24 Juli 2019
Kelas                                         : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 3
Alat Peraga                               : Kartu Bilangan

1.   Teks permintaan maaf atau tolong sebagai gambaran sikap hidup rukun
Hidup rukun adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama, tidak bertengkar dengan orang lain dan saling tolong menolong. Ketika kita melakukan kesalahan kita harus segera meminta maaf dengan menggunakan ungkapan permintaan maaf yang santun.
Contoh kalimat permintaan maaf ketika bermain, “Maaf ya, teman-teman. Hari ini aku tidak bisa ikut bermain.”
Begitu pula ketika kita ingin meminta tolong. Tolong menolong adalah saling membantu tanpa pamrih antarsesama manusia. Membantu tanpa pamrih adalah membantu tanpa mengharapkan imbalan.
   Contoh kalimat permintaan tolong ketika bermain, “Tolong ajari aku menggunakan sepatu roda, Tita.”


2.    Perbandingan bilangan cacah
Cara untuk membandingkan bilangan tiga angka adalah sebagai berikut:
a)        Bandingkan mulai angka yang paling kiri (angka ratusan)
b)        Jika angka ratusan  sama, maka bandingkan angka puluhan
    c)        Jika angka puluhan juga sama, bandingkan sangka satuan
  Ada 225 makanan kotak dan 252 minuman botol.
Manakah yang lebih banyak?

3.    Gerakan keseharian dan alam  dalam  tari
Menirukan gerakan alam yaitu gerakan dahan pohon bergoyang, gerakan bunga mekar, dan gerakan angin ribut.
Gerakan dahan  pohon bergoyang tertiup angin dengan cara tangan diayun ke depan naik turun dan tangan direntangkan naik turun.
Gerakan bunga mekar dengan cara berdiri dengan satu lutu, kedua tangan di atas, bangkit berdiri perlahan-lahan.
    Gerakan angin ribut dengan cara kedua tangan diayun berputar ke bawah dan ke atas
    secara cepat, badan mengikuti gerakan tangan.





Hari/ Tanggal                            : Kamis, 25 Juli 2019
Kelas                                         : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran : 1 (hidup rukun)/ 2(hidup rukun di tempat bermain)/ 4
Alat Peraga                               : Kartu Bilangan , video lagu

1. menuliskan kalimat ajakan yang terdapat pada syair lagu "gembira berkumpul"

2.      Mengurutkan bilangan cacah
Cara untuk mengurutkan beberapa bilangan dengan membandingkan nilai ratusan, puluhan, dan satuannya.
Ada 362 kotak makanan.
Ada 356 kotak minuman.
Ada 348 botol air mineral.
 
 





Hari/ Tanggal                              : Jum'at, 26 Juli 2019
Kelas                                           : 2 SD
Tema/ Subtema/ Pembelajaran   : 1(hidup rukun)/2(hidup rukun di tempat bermain)/ 5
Alat Peraga                                 : Gambar

1.    Sikap yang sesuai dengan sila ketiga, keempat dan kelima saat bermain





Sila ketiga pancasila berbunyi Persatuan Indonesia

Lambang sila ketiga adalah pohon beringin

Sila ini mengajarkan kita untuk menjaga persatuan

Contoh pengamalan dari sila ketiga saat bermain adalah kompak saat bermain sepakbola





Sila keempat pancasila berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Lambang sila keempat adalah kepala banteng

Sila ini diamalkan dengan melaksanakan musyawarah

Misalnya musyawarah untuk membagi tugas






Sila kelima pancasila berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Lambang sila kelima adalah padi dan kapas

Sila kelima diamalkan dengan menegakkan keadilan dan gotong royong

Misalnya gotong royong merapikan mainan setelah selesai bermain



2.  Kalimat Tanya 
    Kalimat tanya adalah kalimat yang berisi pertanyaan kepada orang lain untuk memperoleh jawaban dari orang yang ditanya. Setiap kalimat tanya dilengkapi oleh kata tanya. Terdapat beberapa kata tanya yang dapat digunakan, yaitu:

a)      siapa, digunakan untuk menanyakan nama 
b)      kapan, digunakan untuk menanyakan waktu
c)       dimana, digunakan untuk menanyakan tempat
d)      berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah 
e)      apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu 30 September 2020

  Hari/Tanggal                              : Rabu 30 September 2020 Kelas                                       : 3 Tema/Subtema/Pembelajar...